Ketahui Yuk, Jenis Tipe Kamar Yang Ada Di Hotel

Kita sering kali merasa bingung ketika ingin memesan kamar di hotel yang sesuai dengan kebutuhan kita saat bepergian/berlibur baik sendiri, bersama keluarga maupun bersama teman-teman. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar jenis atau tipe kamar yang ada di hotel. Yuk, simak ulasannya sampai tuntas ya

Di hotel kamar dikategorikan dan diberikan harga berdasarkan ukuran tempat tidur, jumlah tempat tidur, perabotan, desain interior serta fasilitas tambahan lainnya. Hotel atau akomodasi merupakan salah satu hal yang penting dalam menentukan kenyamanan Anda saat berpergian atau saat berlibur. Karena, jika salah memilih tipe kamar liburan bisa menjadi berantakan dan tidak nyaman.

Hal yang paling penting disini adalah teman-teman, tipe kamar yang kita pesan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dan yang pastinya menyesuaikan dengan budget yang ada.

Jenis Kamar Berdasarkan Tempat Tidur

1. Single Room

Biasanya terdiri dari satu ruangan, yang berisi satu tempat tidur yang bisa ditempati oleh satu orang saja.

2. Twin Room

Tipe kamar ini, biasanya memiliki dua buah tempat tidur yang biasanya terpisah dan masing-masing berukuran single atau bisa juga keduanya double Kasur. Biasanya twin room ini, diperuntukan untuk orang-orang yang melakukan perjalanan saudara atau teman yang ingin menginap bersama saudara.

3. Double Room

Biasanya jenis kamar ini memiliki satu tempat tidur dengan ukuran besar yang bisa ditempati oleh dua orang. Biasanya kamar ini sangat cocok buat pasangan suami istri. Baik yang sedang berbulan madu ataupun suami istri yang belum memiliki anak.

4. Triple Room/ Family Room

Dari Namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa kamar ini cocok untuk sebuah keluarga denga tiga tempat tidur yang masing-masing berukuran single. Atau bisa juga terdiri dari satu double bed dan two single bed, untuk triple room/ family room biasanya ruangannya lebih luas.

Jenis Kamar Berdasarkan fasilitas

 1. Standard Room

Standard Room merupakan jenis kamar hotel yang mempunyai fasilitas terbatas seperti tempat tidur, TV, AC, perlengkapan mandi dan air minum.

2. Superior Room

Superior Room merupakan tipe kamar hotel yang berada di atas standard room. Ukuran kamar dari tipe ini umumnya lebih besar dari standard room.

3. Deluxe Room

Deluxe Room merupakan tipe kamar yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Deluxe Room memiliki luas kamar yang cukup luas dan fasilitas mulai dari tempat tidur, TV, AC, air minum, perlengkapan mandi hingga kulkas.

4. Twin Room

Twin Room merupakan jenis kamar hotel yang dilengkapi dengan tempat tidur yang terpisah. Ukuran kasur yang biasa dipakai pada jenis kamar ini adalah single bed. Untuk fasilitas yang diberikan Twin Room, tergantung dari kebijakan hotel namun pada umumnya akan dilengkapi dengan tempat tidur, AC, TV, perlengkapan mandi, air minum dan handuk.

Inilah Alasan Mengapa Anda perlu Menggunakan Travel Agent 

Ingin liburan dengan budget yang minim serta hemat? Namun bingung untuk menentukan langkah pertama nya seperti apa. Kira-kira lebih hemat membuat paket wisata sendiri atau menggunakan jasa travel wisata ya?. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jasa travel wisata yang sangat perlu Anda butuhkan ketika berlibur. 

Pada umumnya, kegiatan wisata ini dilakukan saat hari libur raya atau pun pada saat cuti. Berlibur sangatlah dianjurkan loh, untuk mengurangi stres dan Anda pun bisa kembali segar serta dapat meningkatkan kinerja saat beraktivitas. Kegiatan liburan ini bisa diatur sesuai dengan budget yang Anda miliki serta destinasi wisata yang Anda tentukan. 

Anda juga bisa membuat paket wisata sendiri, namun banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan. Tetapi, kami sarankan lakukan perjalanan wisata dengan menggunakan travel agent sebagai pengalaman saja terlebih dahulu. Nah berikut kami sajikan beberapa ulasan tentang keunggulan travel agent sebagai teman wisata. 

1. Travel Agent Mengetahui Informasi Hotel dan Restoran Terbaik 

Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan travel agent, untuk menentukan hotel dan restoran yang terbaik. Nantinya, pihak travel agent akan memberikan informasi terkini sesuai dengan pelayanan yang terbaik. Hal ini tentunya menjadi momen yang paling berkesan dan tak kan terlupakan bersama keluarga tercinta. 

2. Travel Agent Lebih Pengalaman Mencari Harga Terbaik 

Dengan segudang pengalaman nya, travel agent siap menjawab kebutuhan Anda seputar info wisata, penginapan, kuliner dan lain sebagainya. Travel agent akan memberikan rekomendasi harga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dengan demikian, para konsumen tidak perlu khawatir dengan bandrol harga yang tidak wajar. 

3. Pesawat Delay? Jangan Khawatir Agent Travel Akan Tanggung Jawab

Masalah keterlambatan dalam penerbangan memang suatu hal yang wajar, namun hal ini bisa menjadi ganjalan tersendiri yang kurang menyenangkan. Apalagi sampai ber jam-jam di bandara. Selain membuat kita tidak nyaman. Hotel yang sudah terlanjur di pesan bisa jadi gagal untuk kita tempati. Namun tenang saja Agent Travel bertanggung jawab dalam menangani permasalahan tersebut.  

Perbedaan antara Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata/Travel Agent 

Kita seringkali menyamakan Biro Perjalanan Wisata (BPW) dengan Agen Perjalanan Wisata (APW) atau yang lazim kita sebut dengan istilah Travel Agent. Pada kenyataannya, keduanya memiliki perbedaan. Oleh karena itu, dalam pembahasan artikel ini, kami memberikan gambaran dan penjelasan tentang perbedaan antara Biro Perjalanan Wisata dengan Agen Perjalanan Wisata (Travel Agent).  

Meskipun bergerak di bidang bisnis yang sama dan berada dalam naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Biro perjalanan wisata dan Agen Perjalanan wisata atau travel agent memiliki perbedaan. 

Perbedaan tersebut, dapat dilihat dari pengertian, izin usaha dan fungsinya. 

1. Pengertian 

Menurut UU. No. 9 Tahun 1990 pasal 12: Biro perjalanan wisata adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa perencanaan, pelayanan dan penyelenggaraan wisata. Sementara Travel Agent adalah sebuah usaha yang menyelenggarakan perjalanan dimana mereka bertindak sebagai perantara dalam menjual ataupun mengurus jasa. 

2. Terletak Pada Izin Usaha 

Biro perjalanan wisata memiliki izin dengan cakupan yang luas, meliputi membuat, menyelenggarakan dan menjual paket wisata. Serta merupakan operator pelayanan wisata berdasarkan program yang tertera pada produk paket wisatanya. Termasuk menjual tiket pesawat, kereta api, voucher hotel bahkan cruise. 

3. Ruang Lingkup Biro Perjalanan Wisata 

  1. Mengurus transportasi individu atau kelompok yang akan mengikuti perjalanan wisata. 
  1. Melakukan pemesanan akomodasi, restoran hingga tempat wisata di berbagai tempat. 
  1. Mengurus dokumen perjalanan seperti visa, passport dan lain-lain. 
  1. Membuat panduan perjalanan wisata 
  1. Melayani penyelenggaraan konvensi 

Sementara travel agent hanya mendapatkan ijin untuk bertindak sebagai retailer dari berbagai produk layanan wisata (jasa) yang telah dimandatkan atau berdasarkan keagenan yang ditunjuk.  

4. Secara Fungsi 

Agen perjalanan wisata hanya bertugas sebagai perantara atau organisator, sedangkan biro perjalanan wisata memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Biro perjalanan wisata bertugas untuk memberikan penerangan atau informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia wisata pada umumnya dan perjalanan wisata pada khusunya. 

Secara tak langsung hal ini memberitahukan kita bahwa biro perjalanan wisata juga dapat bertindak sebagai agen perjalanan wisata.